WA Sender Ultimate

Cara Olahraga Yang Baik Dan Benar


Olahraga yang baik dan benar yaitu olahraga yang dilakukan secara teratur dan terukur. Lakukan olahraga sekurang-kurangnya 30 menit perhari dengan baik dan benar supaya bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Sebagai contoh:

1. Waktu Latihan Olahraga


Latihan olahraga hendaknya dilakukan pada udara terbuka dan bebas polusi, atau bila tidak, lakukanlah di ruang tertutup yang temperatur ruangannya sanggup diatur.


Lakukanlah setiap sore hari minimal 30 menit. Menurut penyelidikan di Framingham USA, di Inggris, Belgia, National University of Singapore dan di Jepang bahwa serangan jantung frekuensinya banyak terjadi antara pukul 06.00–12.00 siang.

Beberapa faktor yag menjadi penyebab di antaranya yaitu adanya circardian hormone adrenalin yang banyak bersirkulasi dalam tubuh pada pagi mulai pukul 04.00–09.00. Juga kegiatan fibrinolitic yaitu zat pengencer darah dari tubuh sendiri pada pagi hari aktivitasnya menurun sehingga darah relatif akan lebih kental pada pagi hari.

Menurut laporan terakhir Dr. Peter Kokkinos dari Veterans Affairs Medical Center dan dimuat di majalah kedokteran Circulation, Januari 22 2008, pada 15.660 orang laki-laki veteran yang menderita atau tidak menderita penyakit cardiovaskuler, sesudah melaksanakan tes treadmill, diperoleh hasil bahwa latihan fitness sanggup mengurangi angka risiko kematian (mortalitas) hingga 70%.

Perlindungan terhadap penyakit jantung, stroke, diabetes, kegemukan, hipertensi, penurunan memori, kanker kolon, patah tulang, dan depresi pada laki-laki sanggup dilakukan dengan berolahraga.
 
2. Persiapan Sebelum Olahraga 

Pilih kegiatan olahraga yang nyaman. Apakah yoga, berlari, bersepeda, atau olahraga lain, melaksanakan sesuatu yang disenangi akan membantu kita tetap mengikuti program. Jangan membiarkannya menjadi suatu kebiasaan. Mengganti kegiatan bila diharapkan untuk tetap bermotivasi.


·      Sebaiknya sebelum melaksanakan olahraga dilakukan investigasi pendahuluan untuk memilih takaran yang kondusif dan jenis olahraga yang cocok dengan tes pembebanan terutama bila terdapat keluhan ibarat sering pusing, sesak nafas, nyeri dada. Berpenyakit ibarat jantung koroner, asma, kencing manis, hipertensi, dll. Berusia diatas 30 tahun.  
·       Sebaiknya gunakan pakaian dan sepatu olahraga yang sesuai dan nyaman.  
·    Jangan lakukan olahraga sesudah makan kenyang, sebaiknya tunggu hingga kurang lebih 2 jam.
·         Minum minuman yang sejuk dan sedikit manis (manis jambu).
·         Olahraga sanggup dimulai semenjak usia muda hingga usia lanjut.
·      Dapat dilakukan dimana saja, dengan memperhatikan lingkungan yang kondusif dan nyaman, bebas polusi, tidak menjadikan cedera. Misalnya: di halaman rumah, daerah kerja, dan lapangan.
·       Olahraga hendaknya dilakukan secara bervariasi, berganti-ganti jenisnya supaya tidak monoton dan membosankan.
·        Frekuensi latihan dilakukan secara teratur 3-5 kali per minggu.

 
3. Pada Saat Melakukan Olahraga 

·  Perlu diingat, jangan berolahraga hingga lelah dan kembalilah ke aktifitas secara bertahap. Biasanya, mulai dengan senam aerobik low-impact beberapa kali seminggu. Olahraga aerobik jenis high-impact ibarat tennis misalnya, sebaiknya dilakukan secara bertahap.  
·     Apabila sulit berolahraga di luar rumah, pertimbangkanlah senam melalui video-video yang banyak dijual.
·  Intensitas latihan, untuk meningkatkan daya tahan tubuh harus mencapai 70-85% denyut nadi maksimal (DNM). DNM yaitu denyut nadi maksimal yang dihitung berdasarkan: 

        DNM = 220 – Umur 
Untuk memperabukan lemak dengan intensitas yang lebih ringan yaitu 60 - 70 % DNM.

Sebagai contoh: Seseorang dengan usia 40 tahun akan memiliki DNM = 220 – 40 = 180. Untuk memperabukan lemak orang tersebut harus berolahraga dengan denyut nadi mencapai: 60% x 180 = 108 s/d 70% x 180 = 126. 
·   Waktu. Mulai semampunya, ditambah secara perlahan-lahan. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh  (endurance) perlu waktu antara 1/2-1 jam, untuk memperabukan lemak perlu waktu lebih usang (lebih dari satu jam).



4. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Berolahraga 

·    Jangan pribadi makan kenyang sesudah berolahraga, makanlah makanan lunak atau cairan ibarat bubur kacang hijau. Sebaiknya kita menunggu satu jam sebelum makan besar. Gizi yang sempurna juga penting. Dengan tubuh lebih bergerak, kita mungkin membutuhkan lebih banyak kalori supaya menghindari kehilangan berat badan.
·    Minumlah secukupnya bila banyak berkeringat dan jangan pribadi mandi. Minum cairan secukupnya sangat penting ketika kita berolahraga. Air komplemen sanggup membantu mengganti cairan yang hilang. Ingatlah bahwa meminum teh, kopi, kola, coklat atau alkohol justru sanggup menghilangkan cairan tubuh.
·       Gantilah pakaian olahraga yang dipakai bila terlalu basah.

 
5. Hal-hal yang Tidak Dianjurkan dalam Berolahraga 

·         Bila sedang demam atau sakit.
·    Untuk olahraga jalan bila terdapat varises pada kaki dan nyeri pada sendi terutama pada lutut.
·         Penyakit-penyakit:
·      Tekanan darah tinggi tidak terkontrol.
·        Kencing manis tidak terkontrol.
·        Kelainan katup jantung.
·         Kita sanggup menjadi kehilangan cairan tubuh (hilang terlalu banyak cairan) bila kita tidak minum cukup untuk menahan tingkat cairan tubuh.
·         Kita sanggup hilang massa tubuh tidak berlemak (lean body mass) bila kita terlalu banyak olahraga. Kasus parah sanggup mengarah pada wasting.
·         Kita sanggup melukai diri bila kita menggunakan bentuk olahraga yang salah.


Mengingkat acara olahraga menjadi jadwal sedikitnya 20 menit paling tidak tiga kali seminggu. Jadwal ini sanggup mengarahkan pada perbaikan yang bermakna dalam kesehatan jasmani dan kita kemungkinan akan merasa lebih baik.
 
6. Alasan Enggan Berolahraga  

Bila Anda tidak terbiasa berolahraga, memulainya mungkin menjadi sesuatu yang berat. Namun, begitu Anda tidak lagi mencari-cari alasan untuk menunda berolahraga, Anda niscaya akan mencicipi manfaat olahraga.

Berikut, 7 alasan orang menghindari olahraga dan tips mengatasinya:

1.    Terlalu tua. Bukan alasan, toh Anda bisa mencari daerah atau klub kebugaran yang membuka kelas sesuai usia Anda.  
2.    Terlalu gemuk. Tak perlu canggung atau malu. Umumnya, orang memang merasa aib untuk memulai berolahraga, padahal orang lain justru menghargai Anda sebagai individu yang berkomitmen dalam menjaga kesehatan tubuh. Lagipula, bila Anda sudah kelebihan berat badan, sebetulnya justru harus rajin berolahraga. Aktivitas fisik sekecil apa pun niscaya akan membantu menurunkan berat badan.
3.    Terlalu lemah. Justru kegiatan fisik yang teratur akan menunjukkan Anda komplemen kekuatan dan energi.
4.    Terlalu lelah. Kegiatan fisik yang teratur sesungguhnya akan menunjukkan Anda komplemen tenaga. Dengan melatih otot, jantung, paru-paru dan pembuluh darah, maka Anda akan menerima komplemen tenaga untuk mengatasi stres dan beban pekerjaan yang Anda hadapi sehari-hari.  
5.    Sering sakit. Anda tidak disarankan berolahraga bila kondisi tubuh tidak sehat. Namun, begitu Anda merasa sehat, mulailah berolahraga alasannya yaitu akan membantu Anda mempertahankan kondisi tubuh. Mulailah perlahan-lahan dan lakukan secara konsisten.  
6.    Tidak ada waktu. Tak perlu waktu berjam-jam untuk mencicipi manfaat olahraga. Yang penting teratur dan porsinya cukup, ibarat berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Perubahan-perubahan kecil pada kegiatan rutin Anda, ibarat menggunakan tangga daripada lift atau memarkir kendaraan agak jauh dari kantor atau supermarket, juga sanggup menunjukkan manfaat bagi kesehatan Anda, sama ibarat manfaat yang didapatkan dari olahraga.
   7.    Tidak bersemangat. Olahraga terbukti bisa meningkatkan dan mempertahankan suasana hati. 

Nah, bila Anda berhasil menyingkirkan penghalang yang menghambat Anda untuk memulai olahraga, Anda pun akan merasa lebih optimis dan bahagia. Cara terbaik untuk mengembalikan tubuh ke bentuk semula tentunya dengan berolahraga. Bukan saja membantu mengembalikan kelenturan otot dan menghilangkan timbunan lemak, tetapi juga sangat baik untuk mengatasi stres. Berkonsultasilah dengan dokter kapan sebaiknya mulai berolahraga.

Kata Kunci (Abaikan Saja) :

olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan
olahraga terbaik untuk membakar lemak
olahraga terbaik untuk orang obesitas
olahraga terbaik mengecilkan perut
olahraga terbaik untuk jantung
olahraga terbaik indonesia
olahraga terbaik menurut islam
olahraga terbaik untuk kesehatan
olahraga terbaik adalah
olahraga terbaik sebelum atau sesudah makan
aplikasi olahraga android terbaik
games olahraga android terbaik
sepatu olahraga adidas terbaik
aplikasi olahraga terbaik
game olahraga terbaik di android
app olahraga terbaik
olahraga terbaik buat ibu hamil
olahraga beladiri terbaik di dunia
olahraga terbaik menurunkan berat badan
sepatu olahraga terbaik buatan indonesia
film olahraga basket terbaik
olahraga kardio terbaik
cabang olahraga terbaik di indonesia
celana olahraga terbaik
cara olahraga terbaik
cabang olahraga terbaik
di olahraga terbaik
earphone olahraga terbaik
earphone olahraga terbaik murah
fakultas olahraga terbaik di indonesia
fakultas olahraga terbaik di indonesia 2017
fakultas olahraga terbaik di dunia
fakultas olahraga terbaik di jogja
fakultas ilmu olahraga terbaik di indonesia
film olahraga terbaik
fakultas olahraga terbaik
universitas dengan fakultas olahraga terbaik di indonesia
game olahraga grafik terbaik
game olahraga terbaik offline
gelang olahraga terbaik
game olahraga terbaik pc
game olahraga terbaik ps3
gedung olahraga terbaik di dunia
gelanggang olahraga terbaik di indonesia
headset olahraga terbaik
olahraga terbaik dalam islam
aplikasi olahraga terbaik iphone
sepatu olahraga indonesia terbaik
film olahraga india terbaik
jam olahraga terbaik
toko olahraga terbaik di jakarta
jurusan olahraga terbaik
jenis olahraga terbaik
merk jam olahraga terbaik
jam tangan olahraga terbaik
jam terbaik untuk olahraga
jam terbaik olahraga pagi
jam terbaik untuk olahraga pagi
jam tangan olahraga terbaik 2019
olahraga terbaik korea
olahraga pembakar kalori terbaik
sepatu olahraga kualitas terbaik
sepatu olahraga kualitas terbaik di indonesia
olahraga pembakar lemak terbaik
waktu terbaik olahraga lari
aplikasi olahraga lari terbaik
sepatu olahraga lari terbaik
lagu olahraga terbaik
brand sepatu olahraga lokal terbaik
sepatu olahraga nike terbaik
aplikasi olahraga offline terbaik
games olahraga offline terbaik
toko olahraga online terbaik
download game olahraga offline terbaik
olahraga pagi terbaik
sepatu olahraga pria terbaik
waktu terbaik olahraga pagi
game olahraga ps4 terbaik
game olahraga ppsspp terbaik
aplikasi olahraga rumahan terbaik
waktu terbaik olahraga setelah makan
waktu terbaik olahraga sepeda
baju olahraga sekolah terbaik
olahraga sepeda statis terbaik
kaos olahraga sekolah terbaik
sepatu olahraga terbaik
sepeda olahraga terbaik
toko olahraga terbaik
aplikasi tv olahraga terbaik
sepatu olahraga wanita terbaik
waktu olahraga terbaik
merk sepatu olahraga wanita terbaik
website olahraga terbaik
waktu olahraga terbaik untuk membakar lemak
merek sepatu olahraga wanita terbaik
waktu olahraga terbaik untuk diet
waktu olahraga terbaik untuk meninggikan badan
olahraga yang terbaik di dunia
program latihan olahraga yang terbaik untuk meningkatkan kebugaran jasmani
10 olahraga terbaik di dunia
game offline olahraga terbaik 2018
sepatu olahraga terbaik 2016

0 Response to "Cara Olahraga Yang Baik Dan Benar"

Post a Comment

APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU